Monday, August 11, 2014

Mengatasi "Unfortunately, the process com.google.process.gapps has stopped" pada gadged Android anda.

Samsung Galaxy S Advance
Jumat kemarin, tepatnya 08 Agustus 2014, pagi-pagi banget teman saya mengeluh tentang sebuah handphone bermerk Samsung Galaxy S Advance. Dia bilang hp miliknya itu tidak bisa bekerja seperti biasanya, hal itu dikarenakan hp miliknya sempat dipinjamkan kepada keponakannya saat dia mudik lebaran kemarin. Alhasil, bbm, whatsapp, bahkan beberapa aplikasi lainnya tidak bisa dipakai atau bahkan dibuka sekalipun, dan lagi yang paling menyebalkan adalah seringnya menunggu loading yang sangat lama tapi aplikasi yang diharapkan bisa dibuka ternyata malah memunculkan pesan yang bertuliskan "Unfortunately, the process com.google.process.gapps has stopped", "Unfortunately The Android Process Media Has Stopped'' dan banyak lagi UNFORTUNATELY lainnya. Dan saat itu teman saya yang satunya lagi menunjuk saya untuk mencoba mengotak-atik hp tersebut. Dan berikut ini yang saya lakukan terhadap hp 
bermerk Samsung Galaxy S Advance milik teman saya tersebut :
  1.  Saya menekan lama tombol swich off dan menekan restart. dan tidak berhasil.
  2. Saya mencoba mengecek paket internet, dan mencoba mendownload kembali google play store, tetapi jangankan mengecek, dipencet 1 angka saja muncul UNFORTUNATELY. :( cara tersebut juga gagal. Sedangkan applikasi Google Play Store saat di buka tidak bisa.
  3.  Saya browsing, dan ada beberapa cara yang saya temukan, dan saya coba, salah satunya yaitu menghilangkan error yang ada pada sync antara kontak serta kalender dengan google. Ternyata cara itupun juga belum mampu membuat tulisan UNFORTUNATELY itu hilang.
Akhirnya saya hampir berputus asa, tapi keliatannya saya meninggalkan 1 cara. yaitu dengan memback up dan restore factory hp tersebut. tapi saya harus mendapatkan persetujuan dari pemilik hp dulu, karena kemungkinan nanti jika di restore maka semuanya akan hilang termasuk data, kontak, file berupa foto, dan musik atau lagu. Proses tersebut akan menjadikan hp kita seperti hape baru lagi, yaitu kembali ke settin an awal keluar dari pabrik, yang ada adalah aplikasi dan menu-menu asli dari pabriknya dulu.. Setelah pemiliknya mengikhlaskan untuk kejadian kehilangan tersebut, maka saya pun segera melakukan proses operasi hp tersebut. Caranya cukup mudah yaitu ;
PENGATURAN - BUAT CADANGAN & ATUR ULANG - KEMBALIKAN KE PENGATURAN PABRIK
Jika dalam bahasa Inggris ;
SETTING - MAKE A BACKUP & RESET - RESTORE TO FACTORY DEFAULT
Setelah itu, OK. Dan tunggu sampai proses restore selesai, usahakan untuk tidak megotak-atik hape saat proses berlangsung, hingga hape nantinya akan nyala dengan sendirinya.
Jika hp sudah menyala, maka akan ada tulisan yang mungkin tidak kita kenal, itu adalah pemilihan bahasa, cobalah untuk menyentuh panah kebawah pada layar, dan memilih bahasa atau nama negara yang kita ketahui bahasanya. hehe..... Jika hape anda samsung, kemungkinan nanti akan dimintai email
untuk Samsung ID. dan setelah proses pengisian form samsung ID selesai, anda akan dimintai email google untuk mendaftarkan hp anda ke google play store, atau membuat aku google play store. setelah semuanya selesai. dan tarraaaaaaaaaaa........! hape anda siap untuk digunakan lagi.
Semoga bermanfaat.
Mohon maaf jika ada ketidakjelasan saya dalam menulis dan menyampaikan info.
Terima kasih telah mampir di blog saya ini. dan Sampai jumpa di postingan saya berikutnya.
Wassalam.......!

16 comments:

  1. jika pada A7s apa harus ngisi imel jugga gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rata-rata untuk tipe Android pasti dimintai email, entah bikin baru atau log in menggunakan email lama, karena untuk menggunakan aplikasi google play terutama, sangat dibutuhkan sekali alamat email.

      Delete
  2. allohuma sholli 'ala muhammad assalamu 'alikum..

    ReplyDelete
  3. Terima kasih mas atas informasinya.. Tetapi kejadian di hp saya Sony Experia C sudah dilakukan reset ke tampilan seperti barunya masih tetap keluar tulisan Unfortunately The Android Process Media Has Stopped. Mohon informasinya mas. bagaimana cara mengatasinya mengingat sudah di reset tetapi masih muncul tulisan itu juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang Untuk setiap merk gadged yang berbeda, terdapat cara yang berbeda juga. untuk hp merk Sony Ericcson kadang ada tombol tersembunyi untuk mereset hp ke keadaan factory reset, bisa di coba dengan cara men-shut down hp. kemudian tekan tombol lock+home bersama-sama, atau tombol lock+volume up. nanti terdapat tulisan reset.

      Delete
    2. kok jawabannya ga nyambung ya sm yg ditanyakan? hehe
      sudah di-factory reset, tp masih ada tulisan unfortunately..ini seperti punya saya, sudah di-factory reset bahkan sampe 2 kali, masih aja ada tu tulisan...
      pasti ada penyebab lainnya....
      cari2 cara lagiiii :D

      Delete
    3. Postingan saya tentangHP Samsung, dan itu saya mengalami dan mencoba memperbaikinya. Kalo HP agan Sony , saya cuma bisa jawab seperti jawaban diatas, karena saya kurang tahu banyak tentang hp sony yang mengalami hal yang serupa. Dan saya Cewe, mohon panggil disesuaikan dengan jenis kelaminnya. Terima kasih udah mampir. ^_^

      Delete
  4. Replies
    1. Belum pernah mengalaminya om, Mungkin bisa cari tahu di blog teman2 yang lain.
      Makasih udah mampir. ^_^

      Delete
  5. Saya ga brhasil om., uda di kembalikan ke pengaturan awal sampe 3x, tapi ttp aja blm sembuh sembuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak
      Lihat dulu jenis hape dan merk ny, karena setiap hp yang berbeda merk mempunyai cara yang berbeda.
      Makasih udah mampir.

      Delete
  6. Saya ga brhasil om., uda di kembalikan ke pengaturan awal sampe 3x, tapi ttp aja blm sembuh sembuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak
      Lihat dulu jenis hape dan merk ny, karena setiap hp yang berbeda merk mempunyai cara yang berbeda.
      Makasih udah mampir.

      Delete