Wednesday, December 26, 2012

Seminar Parenting 25 Desember 2012

     Dalam rangka hari Ibu dan Hari Buruh Migran Internasional kemarin, DOMPET DHUAFA HONGKONG (DDHK) Mengadakan Seminar Parenting dan Konsultasi yang bertemakan “Menjadi Wanita Sejati” nah dari judul temanya saja saya sudah tertarik, jadi saya berniat untuk datang dan meliput sendiri acara itu pada tanggal 25 Desember lalu. Acara yang diadakan 2 hari yaitu :
Hari pertama diadakan pada 23 Desember 2012 di Po Lueng Kuk Primary School, Tuen Mun, New Teritories, dan hari kedua 25 Desember 2012 di Cafe Dance, Fortress Hill, Hongkong Island.     Pembicaranya adalah ; Ibu Elly Risman (Psikolog), Asep Hairul Ghani (Konselor), Dewi Inong Irana (Dokter). Alhamdulillah, banyak juga peserta yang hadir. Nah disini saya akan kupas satu persatu ilmu yang telah saya serap dari beliau-beliau diatas.
     Pemateri pertama adalah; Ibu Elly Risman, beliau berasal dari Aceh Barat. Beliau menyampaikan tentang pengenalan/penemuan diri sendiri, dan menyadarkan kami semua bahwa kita semua itu UNIK, proses pengasuhan, kemudian tentang cara mendidik anak yang salah.

     Penemuan diri tidak mudah, itu mungkin disebabkan oleh;
  1. Jarang “look in” (manusia seringnya melihat dan mengoreksi orang lain dan jarang melihat kedalam dirinya sendiri)
  2. Sifat atau kepribadian kita itu terbentuk dari 20% orang tua dan 80% dari lingkungan. 

Kita coba tanyakan pada hati kenalkah kita pada diri kita?
 • Siapakah saya • Darimana saya • Sedang dimana saya • Mau kemana saya?
      Siapakah saya?
 Kita adalah keturunan Adam Alaihissalam yang diciptakan Allah SWT dari tanah. “Dia diciptakan dari air (mani) yang terpancar. Yang keluar dari antara tulang punggung (sulbi) dan tulang dada.” (QS. Ath Thariq 6-7)
     Darimana saya?
 Kita semua lahir dari rahim ibunda kita masing-masing, yang telah beliau kandung kurang lebih 9 bulan 10 hari.
     Sedang dimana saya?
Kita semua sedang berada di Dunia, menjadi seorang khalifah dibumi, dan khalifah diri sndiri, dimana kita nantinya akan dimintai pertanggungjawaban atas kekhalifahan kita di yaumul akhir nanti.
     Mau kemana saya?
Pada dasarnya kita manusia akan mati (kembali ketanah).
"Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati, dan Kami menguji kalian dengan kejelekan dan kebaikan sebagai satu fitnah (ujian), dan hanya kepada Kamilah kalian akan dikembalikan". (Q.S : Al-Anbiya : 35)

      Faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian
• Urutan kelahiran
• Perbedaan usia
• Jenis kelamin
• Gangguan kesehatan atau kelainan fisik/mental
• Kelas sosial
• Tragedi didalam keluarga
• Persaingan antar saudara
• Sikap dan cara pengasuhan dalam lingkungan keluarga, Dalam lingkungan keluarga, orang tua yang berperan sangat penting dalam membangun kepribadian anak.  Beberapa faktor yang menyababkan perkembangan kepribadian anak kurang baik adalah :
  • Orang tua yang tak siap menjadi seorang ortu, misal : MBA (Married By Accident) Nikah karena kecelakaan.
  • Orang Tua yang terlalu sibuk
  • Umumnya tidak mengenali diri sendiri
  • Tidak mengenali keunikan anak
Dalam lingkungan keluarga komunikasi sangat penting untuk membentuk kepribadian anak
Hanya sekian yg bisa saya rangkum dari seminar tersebut, Terima kasih :)

No comments:

Post a Comment