Wednesday, November 27, 2013

Pemanas Air dari Sendok Dan Garpu (Stainles stell)

Semua ide ini berasal dari keponakan saya (kakaknya almarhum mbah kung saya, punya anak, lalu punya anak cowo' atau cucunya kakaknya Almarhum mbah kung saya) yang berasal dari kampung tercinta saya, Gandri Magetan. Dia (sebut saja "Mip") adalah salah satu alumni sekolah Kejuruan jurusan listrik, jadi sukanya main-main listrik, atau ngotak ngatik barang-barang yang berhubungan dengan listrik. Berbeda dengan saya, yang alumni sekolah kejuruan bisnis dan management. Mas Mip memberi tahu saya tentang bagaimana membuat pemanas air dari sendok dan garpu. Setelah dia bertanya kepada rekan-rekannya untuk meyakinkan dirinya sendiri dan meyakinkan saya, dia mencoba merealisasikan rencana tersebut. Dan kemarin kami berdua menjalankan misi tersebut. Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah :
  1. Kabel
  2. Sendok & Garpu ( Stainles stell)
  3. Gelas berisi air bersih
  4. Steker
  5. Saluran listrik
 Cara merangkai alat tersebut adalah :
 Rangkai sendok dan garpu seperti terlihat pada gambar dibawah ini, gunakan korek atau apa saja yang tidak bersifat konduktor (menghantarkan listrik). Karena medan positif dan medan negatif jangan sampai menempel, atau saling menyentuh satu sama lainnya.










Kemudian setelah terangkai sedemikian rupa. Siapkan segelas air putih dalam gelas.
Masukkan sendok, garpu, kedalam air tersebut, kemudian colokkan steker earus listrik. dan tunggu.
Dalam waktu kurang dari 5 menit, air dalam gelas tersebut akan mendidih. Ide ini kami realisasikan karena kami adalah anak kost, yang dimana untuk menekan biaya yang mungkin akan keluar lebih banyak jika kami membeli dispenser, atau jajan kopi, teh, susu panas diwarung. Maka dari itu,kami mencobanya, salah satu hal yang kreatif yang kami lakukan karena iseng, dan terpaksa juga, meskipun saya tidak terlalu suka minum, kopi, tapi keponakan/sepupu saya yang kebetulan kost tepat disamping kost2an saya, mungkin tidak bisa meng"empet" rasa ingin ngopi pada saat dia ingin bergadang, demikianlah cowo.hehehehe (meski g semua sih). dan ini adalah salah satu ilmu fisika, karena saya kurang menyukai pelajaran tersebut, maka saya tidak ingin menguraikan proses-proses dan sebab kenapa air dalam gelas bisa mendidih. Pokoknya mendidih gitu tok. Cukup sekian postingan dari saya.
Wassalam

24 comments:

  1. wah bisa buat solusi pas ngekost di tahun depan nih, ahehehe...
    makasih gan buat artikelnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, heheheh boleh dicoba itu, kalo g pnya kompor gas, atopun tungku api.hihihi....
      Kalo cwe tetep di panggil "gan" yha? hehehe

      Delete
  2. Replies
    1. Setahu saya bahan memanas air pada teko pemanas itu juga banyak yang berbahan dasar dari stainles stell.

      Delete
  3. itu daya listriknya besar gak?
    nanti malah ibu kos minta tambah biaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk alat-alat pemanas biasanya memang membutuhkan daya yang lumayan besar, misalnya setrika listrik... karena dibutuhkan voltage kurang lebih 220 Volt dan pemakaian listrik mulai 150 Watt sampai dengan 500 Watt.

      Delete
  4. ada gk alat supaya kutub positif sm negatifnya klo digabung biar gk korsleting??

    ReplyDelete
    Replies
    1. alatnya apa aja koq, terserah anda.Yang penting bahannya bersifat Isolator (tidak menghantarkan arus listrik). Karena itu adalah alat sederhana, maka alat peraga yg saya pakai ya alat seadanya. :-)

      Delete
  5. Apa gak korsleting tuh.. kan negatif sama positiv bersentuhan langsung.. Itu jg pake korek gas,,, klo kepanasan bisa meledak tuh korek

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu hikum fisika gann,
      gak akan koslet kook

      Delete
  6. memanfaatkan.. sifat air sebagai.. larutan elektrolit..

    ReplyDelete
  7. Menarik sekali nih... Bisa dicoba juga dirumah. heheee

    ReplyDelete
  8. Berbahaya.
    1. Kalau koslet, saya pernah mengalami, sekolahan mati listriknya gara-gara percobaan tersebut.
    2. Terjadi perubahan pada kedua material, dan masuk ke air.

    ReplyDelete
  9. Info gan kalau koreknya mending dikosongin dulu supaya ga meledak.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  13. Sama aja minum air aki, mendidih karena berubah menjadi asam sulfat.

    ReplyDelete
  14. sederhana sih cara buatnya, tapi nanti ada efek sampingnya gak gan

    ReplyDelete