Sunday, October 27, 2013

Mengkaji Makhluk Allah SWT


بسم الله الر حمن الر حيم

NYAMUK
      Hewan kecil  bersayap ini adalah hewan penghisap darah yang begitu serring dan banyak diresahkan, bagaimana tidak,? meskipun bertubuh kecil, kala ia menghisap darah dari tubuh kita seringkali kita merasa seperti digigit, dicubit, dan tak jarang juga menyebabkan bentol-bentol. Tapi mari kita lihat dari teropong lain tentang sosok hewan yang satu ini.
    Hewan ini memang di ciptakan oleh الله sebagai hewan yang mengkonsumsi darah, mau tidak mau dia harus berseedia untuk menghisap darah untuk kelangsungan hidupnya. Jangka waktu hidup nyamuk tidak lama hanya 1 atau 2 minggu saja (kalo tidak salah). Itupun nyamuk melalui proses metamorfosis yang sempurna, yaitu telur, larva (jentik-jentik), pupa (kepompong), lalu kemudian dewasa.
     Dalam menghisap darah nyamuk membutuhkan nyali yang benar-benar besar, dia harus berjuang untuk mencari makan dan bertahan hidup meskipun tak jarang beberapa ekor dari mereka terpaksa mati konyol di ceples manusia yang tidak terima karena darahnya dihisap, ataupun dimakan si cicak-cicak didinding yang diam-diam merayap, dan datang seekor nyamuk dan hap...lalu di santap...ckckckck mengenaskan bukan? . Mangsa empuk nyamuk adalah orang yang sedang tidur, bila sang target telah tidur, sang nyamuk mendekat ketelinga dan terbang merendah agar terdengar oleh sang mangsa suara berisik sayap-sayapnya yang berdengung di telinga, jika sang mangsa belum tertidur pulas, biasanya mangsa mengibaskan tangannya dan nyamukpun terbang menjauh (itupun kalo beruntung nyamuknya, klo g beruntung yha innalillahi aje tuh nasib sie nyamuk). dan sebaliknnya jika tidak terlihat respon dari sang mangsa, si nyamukpun mulai membidik sasaran dimanakah tempat yang sekiranya terdapat darah yang paling nikmat baginya.
     Itu sekilas cerita tentang si Nyamuk penghisap darah yang mungil.

BURUNG ELANG
     Burung Elang, salah satu burung pemangsa. bentuk wajah burung elang kebanyakan sangat garang. Burung elang dilihat dari siklus hidupnya dia adalah sosok burung yang benar-benar bertanggung jawab, dia bertelur, dan menjaga sarangnya dan menjaga anak-anaknya yang masih bayi. Elang termasuk burung yang jangka hidupnya termasuk panjang/ lama, tapi suatu saat dia harus mengambil keputusan, yaitu Mati atau harus mengalami proses peremajaan selama kurang lebih 150 hari. Itu memaksanya untuk terbang ke puncak bebatuan, dan duduk disarangnya. Kemudian diapun mulai memukul-mukulkan paruhnya yang kuat ke batu, agar pecah dan berganti dengan paruh yang baru. Kemudian dia juga melepaskan cakarnya agar berganti pula dengan cakar-cakar yang baru, lalu setelah itu dia juga merontokkan bulu-bulunya yang ada di sayap dan tubuhnya, sampai tumbuh bulu-bulu baru. Dan barulah setelah itu dia siap untuk memulai hidup bertahun-tahun lagi.


IKAN SALMON

      Ikan yang satu ini enak, kaya protein, dan mahal tentunya. ikan yang dikonsumsi mentah untuk makanan  khas Jepang (shushi). Dan apakah kalian tahu sesuatu yang unik dari ikan ini? Saya akan coba jelaskan sedikit pengetahuan saya tentang ikan yang satu ini.
     Ikan ini adalah ikan yang besar dan lahir di dua tempat, yaitu dia dilahirkan/menetas di sungai dan besar di lautan. Disini kita akan lihat betapa berat perjuangan hidup ikan itu untuk bisa bertahan hidup sampai akhir hayatnya. Ikan dewasa yang bersar dilaut tidak pernah melupakan kampung halamannya/ tempat lahirnya, dia selalu ingin anak2nya juga lahir di tempat yang sama dengan induk dari ikan itu, dan tempat/kampung halamannya tersebut adalah Hulu Sungai. Para induk ikan salmon yang siap menelurkan anak2nya, berusaha melawan arus deras untuk bisa sampai d tempat tujuannya, jarak yang ditempuhpun cukup panjang, tak jarang banyak ikan yang mati sebelum sampai di hulu sungai, selain itu mereka harus berhadapan dengan pemangsa2 dan para nelayan yang menangkap ikan2 tersebut. Waktu yang di butuhkan juga cukup lama, bisa memakan waktu sampai beberapa bulan, medan yang di tempuh juga sangatlah sulit, tak jarang mereka harus melompat air terjun (daya lompatnya mencapai kurang lebih 3 meter). Selama dalam perjalanan, ikan salmon tidak makan apapun, bukan karena dia tidak membawa bekal, tapi memang mereka dalam keadaan berpuasa. Cadangan lemak ditubuh mereka adalah satu2nya stok tenaga untuk mencapai tujuan mereka, sesampainya di hulu sungai, kemungkinan besar hanya sedikit yang bisa sampai setelah perjalanan panjang, melelahkan dan butuh pengorbanan besar itu. Kemudian sang ikan menelurkan ikan2nya dengan menggali lubang dan langsung di buahi oleh ikan salmon jantan kemudian ditutupnya, setelah itu, hidup sang induk tidak akan lama lagi biasanya. Jadi telur2 salmon yang akan menetas tidak pernah melihat wajah orang tuanya. Beberapa bangkai ikan salmon akan dimakan oleh binatang yang hidup didasar sungaui, dan sebagiannya akan terurai menjadi pupuk alami yang dimakan oleh plankton dan hewan2 kecil yang nantinya hewan2 kecil/plankton itu akan dimakan oleh bayi2 salmon yang baru saja menetas sebulan kemudian. Bayi ikan salmon akan bertahan hidup di sungai, saat persediaan makanan sudah habis, itulah saatnya ikan2 itu berpindah tempat dari sungai menuju kelaut. Saat pertama mereka sampai dilaut, mereka harus bisa menghindari banyak pemangsa termasuk para nelayan.

Maha Suci Allah Yang menciptakan langit bumi alam semesta beserta isinya.... :'(

Hikmah yang dapat di ambil dari Makhluk Ciptaan Allah di atas adalah :
  • Seperti apapun keadaan kita saat dilahirkan, tentang siapa orang tua kita, tentang apa pekerjaan mereka, dan bagaimana lingkungan sekitar kita, berusahalah untuk tidak mengeluh, bersabar atas qodho dan qodar yang telah di tentukan oleh Sang Khalik. ( Tentang nyamuk, yang tetap bertahan hidup, meski waktu hidupnya tidak lama).
  • Proses berubah untuk menjadi seseorang yang lebih baik adalah susah-susah gampang, tapi asal kita mau berusaha, sesulit apapun itu pasti kita diberi jalan oleh Allah SWT. N untuk para remaja yang paling sering dan paling hobi galau, karena putus dari cowo'/cewe' nya, anda-anda sekalian bisa mengkaji kehidupan makhluk Allah yang bernama Burung Elang. Agar berkurang galau akut yang menyerang anda sekalian itu, dan semoga menjadi obat yang bisa membuat anda untuk berfikir segera MOVE ON dan segera menyadari bahwa MOVE ON adalah jalan yang terbaik.
          Hehehehehehehe................... :D
  • Subhanallah.... Salmon, ikan yang kaya protein, terrnyata perjuangan hidupnya benar2 sangat panjang, serta melelahkan. Banyak sekali hal yang bisa kita pelajari dari kisah hidupnya, diantaranya adalah :
  1. Tak lupa darimana kita berasal. Masih ingatkah anda dengan peribahasa "Sejauh-jauhnya bangau terbang jatuhnya kepelimbahan juga". Kita yang berasal dari tanah, setidaknya kita harus selalu ingat, bahwa kita akan kembali ketanah. karena kita tidak akan selamanya hidup dimuka bumi ini. Coba bayangkan, jika ada Ikan Salmon lupa pada tempat ia di di telurkan dan dibuahi, pasti ada ikan yang tidak kembali ke sungai. dan bahkan mungkin tidak akan ada postingan ini.hehehe :P
  2. Saat kita mengeemban amanat, dipercaya, kita harus bisa menjaga kepercayaan itu. Ikan salmon yang dipercaya Allah untuk menelurkan dan membuahi telurnya di sungai berusaha untuk memenuhi amanat yang diberikan Allah SWT tersebut, meskipun harus nyawa yang mereka korbankan, meskipun entah berhasil atau tidak, ikan2 salmon itu tetap berjuang. Meskipun beberapa diantara mereka akhirnya menjadi santapan predator, mati, bahkan tiba-tiba saja tersaji menjadi menu makan malam anda.
  3. Kalo tidak salah, protein, vitamin, mineral yang terkandung ditubuh ikan salmon itu terbentuk karena perjuangan/perjalanan hidupnya itu, tak jarang dia menjadi salah satu ikan primadona, yaitu salah satu ikan yang lumayan mahal dipasaran. Dan mungkin harga itu tidak sebanding dengan perjuangan yang telah mereka alami.
  4. Hikmah selanjutnya yang bisa kita petik adalah, bersyukurlah, kita manusia di anugerahi Allah SWT dengan akal dan pikiran dan satu2ny makhluk mulia yang dimana malaikat dan iblispun dperintahkan oleh Allah untuk menyembah manusia pertama (Nabi Adam AS). Dan seharusnya kita bisa menggunakan akal pikiran kita untuk mempelajari beberapa contok makhluk Allah SWT yang saya tulis diatas, mungkin bukan hanya itu saja yang bisa kita ambil hikmah. Karena asal kita mau berpikir, dari Batu yang terdiam ditanah, kita bisa menemukan beberapa ilmu tentang Tuhan kita, kenapa tercipta batu itu, dari apa batu itu, apa saja guna dari batu itu, dan siapa yang menciptakan batu itu sehingga tercipta sedemikian rupa, bahkan berbagai macam bentuk, warna, dan lain2...!
Allahu Akbar......
Wallahu'alam bisshowab... :)
Sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat.


Sumber : Tausiah oleh Bunda Tatiek Kancaniati Karimah  

 

2 comments: