Tuesday, September 30, 2014

Makau (Ou Mun) Pesona Peninggalan Bangsa Portugis



Atau Ou Mun

Menurut beberapa sumber, macau dulunya adalah Negara jajahan portugis, meski sekarang tidak lagi menjadi negara jajahan, tapi beberapa peninggalan pemerintahan portugis masih terlihat sampai saat ini,  selain bangunan, nama-nama jalan-jalan di Macau contohnya, jika kita lihat, atau mengunjungi Negara ini, akan kita temukan nama jalan yang masih berbau portugis. Meski demikian, untuk bahasa yang digunakan, kebanyakan menggunakan bahasa kantonis, Mandarin, Inggris dan beberapa juga masih ada yang menggunakan bahasa portugis. Macau merupakan daerah administrative khusus selain hongkong di Dataran China. Yang berbatasan dengan propinsi Guangdong dan laut china selatan.

Peta Makau Taipa

Macau, Tempat yang berbatasan dengan Negara China ini mempunyai banyak sekali tempat-tempat yang unik dan menarik untuk kita kunjungi. Diantaranya adalah :
Streetscapes dan piazza, seperti Barra Square, Lilau Square, Lapangan Santo Agustinus, Senado Square , Cathedral Square, St Dominic Square, Perusahaan Yesus Square dan Camoes Square. Kuil A-Ma, Moorish Barracks, Mandarin’s House, Gereja St Lawrence, Seminari St Joseph dan Gereja, Dom Pedro V Theatre, Sir Robert Ho Tung Perpustakaan, Gereja St Augustine, "Leal Senado" Building, Sam Kai Vui Kun Temple, Holy House of Mercy, Katedral, Lou Kau Mansion, Gereja St Dominic, Ruins of St Paul, Na Tcha Temple, Bagian dari Kota Tua dinding, Mount Fortress, Gereja St Anthony, Casa Garden, Pemakaman Protestan dan Guia Fortress (termasuk Benteng Guia dan Mercusuar) juga dikenal sebagai "The Historic Centre of Macau".
Dari beberapa tempat-tempat tersebut ada yang dijadikan sebagai ikon di Mata uang Makau (Pataca/ MOP)
(Belakang) Pemandangan malam di makau
Banyak tempat menarik di makau yang sayang jika tidak kita kunjungi bila melancong ke Macau. Diantaranya adalah sebagai berikut :

The Ruins of St. Paul’s
Sebuah Katredal atau Gereja tua yang terletak di antara jalan calcada de S.paulo dan Rua da ressoureicao ini sudah berumur kurang lebih 5 abad. Di halaman gereja tersebut di buat sebuah tamab bunga dan anak tangga, karena gereja tersebut memang berada diatas dan lebih tinggi daripada rumah-rumah penduduk disekitar bangunan tersebut, didalam gereja tersebut ada sebuah museum dan beberapa lukisan Isa Al Masih dan Bunda Maria. Men, jika anda naik ke belakang reruntuhan bangunan gereja tersebut dan membuang koin ke cendela sambil berdoa maka doa anda akan terwujud dan anda akan beruntung.
Selain Reruntuhan Gereja tersebut, juga banyak terdapat gereja lain yang indah dan menarik untuk dikunjungi selama anda di macau. Diantaranya adalah St Dominic’s  Church yang juga sebuah museum.
Setelah anda puas mengelilingi reruntuhan gereja, anda bisa juga menuruni anak tangga dan berjalan-jalan di Senado Square, yang terdapat sebuah jalan dan air mancur yang disebut  San Ma Lou.
Reruntuhan Gereja St. Paul’s

Dan juga St. joseph’ Seminary And Church adalah sebuah gereja yang bercat tembok berwarna kuning yang
Didirikan pada tahun 1728 dan dibangun pada tahun 1758 , Seminari tua , bersama-sama dengan St Paul College.
 
Museum Macau atau Mouseum of macau. 
Terletak tak jauh dari reruntuhan gereja St saint paul. Jika anda melihat di sebelah kanan reruntuhan gereja, disitu akan anda temua sebuat taman hijau dan tangga berjalan yang jika anda ikuti akan membawa anda ke museum macau.
Reruntuhan Gereja St. Paul’s & Museum Makau dari Map

Becak Tradisional Macau di Museum Makau











Macau Tower
Adalah sebuah menara yang terletak didaerah Administratif Khusus Republik Rakyat China. Menara ini memiliki ketinggian 338 meter dari tanah sampai ujung/puncaknya. Dibangunan ini terdapat tempat Observasi dengan pemandangan yang indah restoran, bioskop, serta pusat perbelanjaan. Pada ketinggian 233 meter biasanya juga digunakan untuk SkyJump. Menara ini dibangung oleh perusahaan arsitektur Craig Craig Moler, dan merupakan salah satu anggota Federasi Dunia dari Great Towers. Selain digunakan sebagai observasi dan hiburan, menara ini juga merupakan bangunan yang menunjang telekomunikasi dan penyiaran..
MGM Macau terletak di jalan avenida dr sun yat-sen, yang kebetulan dulu saya pernah bekerja dan tinggal disebuah rumah milik bos saya yang bertempat tinggal di jalan rua de Madrid.

The Macao Science Centre
Merupakan balai pusat ilmu pengetahuan di Makau. Dibangun pada tahun 2001 dan selesai pada tahun 2009. Dan dibuka oleh Presiden China Hu Jintao pada tahun 2009 bulan Desember.
Bangunan utama memiliki khas, asimetris, bentuk kerucut dengan jalan spiral dan atrium besar di dalam. Terdapat galeri yang terdiri dari pameran interaktif yang ditujukan untuk pendidikan sains. Ada juga planetarium dengan fasilitas proyeksi 3D dan film Omnimax.
Bangunan ini dalam posisi
menghadap ke laut dan sekarang menjadi landmark Macau. Bangunan ini sangat terlihat ketika tiba di terminal kapal ferri Macau.
Untuk menetahui lebih detail tentang bangunan ini, anda bisa berkunjung ke http://www.msc.org.mo/en/mission.php
 
Guia Fortress
Benteng dan Mercusuar Guia ini terletak di bukit Guia. Yang di bawah bukit tersebut terdapat sebuah terowongan. Di atas bukit tersebutlah bangunan Kapel yang konon dipersembahkan untuk Bunda Maria.
Untuk kuliner di macau, yang paling terkenal  adalah kue almond, kue kacang atau enting-enting kacang (yang terbuat dari gula merah, kacang, dan jahe). Selain itu juga ada dendeng babi serta sapi sebagai makanan khas juga, ada juga Tan Tart atau Egg Tart khas Portugis yang sangat manis dan gurih, serta ada juga Egg roll.

Saya adalah seorang mantan TKI yang pernah menjadi pekerja di Daerah HongKong dan Macau. Dari beberapa penjelasan singkat saya diatas, tergambar bahwa Makau memiliki agama yang mayoritas Kristen, Protestan, serta Budha. Tetapi anda yang beragama Muslim/Islam, tidak perlu khawatir, untuk kuliner, kita bisa memilih sendiri makanan yang halal dan tidak untuk kita makan. Dan untuk tempat ibadah anda bisa pergi ke Macau Mosque N Cemetery (Masjid dan pemakaman Muslim Macau), yang berada di jalan 4 Ramal Dos Moros, Our Lady of Fatima Parish tempat ini adalah satu-satunya tempat peribadatan dan pemakaman Muslim di Macau. Bangunan masjid ini dibangun oleh tentara Portugis yang beragama Muslim yang pernah datang ke Macau. Dari pemakamannya dapat kita lihat tanggal bulan dan tahun orang muslim/tentara muslim yang dimakamkan disitu. Masjid itu sudah mengalami beberapa kali renovasi yang menjadikan masjid tersebut menjadi lebih indah dan lebih luas. Masjid tersebut selalu ramai oleh jamaah Indonesia yang sedang berlibur dan bermain di area masjid, ataupun juga sengaja datang untuk mengikuti pengajian, dan akan menjadi lebih ramai lagi saat hari libur atau perayaan hari-hari besar agama Islam seperti misalnya, Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. 
Selain Makau, Ada juga Taipa, daerah yang satu ini juga termasuk bagian dari Administratif Khusus Republik Rakyat China sama seperti Makau. Di Taipa juga terdapat banyak bangunan-bangunan yang tak kalah indah seperti di daerah Makau. Selain itu Badara Internasional Makau juga terletak di Taipa. Beberapa Kuil & tempat menarik di Taipa diantaranya :


  • Kuil Pou Tai Un
  • Kuil Kun Yam Kecil
  • Kuil Tin Hau
  • Kuil Sam Po
  • Kuil Pak Tai
  • Empat berwajah Buddha : dibeli dari Thailand pada tahun 1985
  • Gereja Our Lady of Carmel : Gereja Katolik di Taipa, milik Freguesia de Nossa Senhora do Carmo
  • Rua do Cunha , Taipa Village
  • Macau Jockey Club
  • Stadium Macau
  • Taipa Houses - Museum rumah bergaya Portugis
  • Taipa Fort
  • Bandara Internasional Macau
  • University of Macau
  • Makau Universitas Sains dan Teknologi
  • The International School of Makau
     
     
     

No comments:

Post a Comment