Monday, September 22, 2014

Pedang Kematian

Bila Aku Mati Hari Ini
Bila Kau mengutus malaikatMu untuk menjemputku hari
 ini,
Aku mempunyai banyak sekali permintaan yang aku
 ingini,
Bila Malaikat mencabut nyawaku nanti,
Ijinkan aku menyebut namaMu meski hanya sekali,
Bila aku mati saat ini,
Aku tak ingin melihat kesedihan dimata 0rang2 yg aku
sayangi,
Bila aku mulai memasuki bumi,
Aku tak ingin air mata yg mengantarku pergi,..
Bila Kau pilihkan neraka adalah tempat yg harus ku huni,
Jangan sampai 0rang yg q sayang mendengar jeritan,
siksaan, dan penderitaan yg aku alami.
Jika Kau pilihkan Surga untuk aku tempati,
Selalu kirimkan kabar bahwa aku bahagia tinggal
disini...?
Dan bila ternyata umur panjang yang Engkau beri,
Kum0h0n berilah kebahagiaan, kesehatan, dan rejeki
 untuk senantiasa kami syukuri...!
by Wullanddrya

Kematian adalah suatu ketentuan yang pasti seperti yang telah dituliskan dalam Al Qur'an yaitu sebagai berikut ;
Surat Ali Imron ayat 145
3:145




Sahih International
And it is not [possible] for one to die except by permission of Allah at a decree determined. And whoever desires the reward of this world - We will give him thereof; and whoever desires the reward of the Hereafter - We will give him thereof. And we will reward the grateful.
Artinya :
Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barang siapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu, dan barang siapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala akhirat itu. Dan kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.


Surat Ali Imron ayat 185
3:185
 
Sahih International
Every soul will taste death, and you will only be given your [full] compensation on the Day of Resurrection. So he who is drawn away from the Fire and admitted to Paradise has attained [his desire]. And what is the life of this world except the enjoyment of delusion.
Artinya :
Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.

Itu hanya beberapa ayat yang pernah dibahas oleh seorang ustad yang saya ikuti pengajiannya dulu. Dan Beliau berkata bahwa kematian hanyalah sebuah gerbang, gerbang yang memisahkan antara Alam Dunia dan Alam Kubur, yang memisahkan ruh dengan jasad dengan ditandai dengan tidak berdetakya jantung, yang menyebabkan darah didalam tubuh menjadi beku karena tak terpompa, lalu organ-organ tubuh manusia mulai berhenti melakukan pekerjaannya. Sesungguhnya kehidupan sesudah kematian itu diluar kemampuan kita sebagai manusia, tetapi karena kita adalah orang Islam yang mempunyai petunjuk berupa Al Qur'an dan Seorang tauladan yaitu Nabi Muhammad SAW, maka kita wajib meyakini bahwa kehidupan sesudah kematian itu memanglah ada, karena didalam Al Qur'an kitab suci kita telah di jelaskan serta nabi kita Muhammad SAW  juga menjelaskanya melalui hadits-hadist beliau. berikut beberapa hadits beliau yang nemerangkan tentang kematian :
أَكْثِرُوْا ذِكْرَ هَاذمِ اللَّذَّاتِ

 Perbanyaklah  mengingat-ingat sesuatu yang melenyapkan segala macam kelezatan (kematian).(HR. At-Tirmidzi).


Hadits tersebut meminta kita untuk selalu mengingat mati, karena dengan mengingat mati, maka akan melembutkan hati dan menghancurkan kesombongan, serta ketamakan kita terhadap kehidupan duniawi.  
 Hadits tersebut juga menyimpan beberapa faedah diantaranya adalah :
- Setiap Muslimin dan muslimat yang sehat maupun yang sakit untuk mengingat kematian dengan lisan maupun hatinya, sehingga menumbulkan perasaan terhadap seseorang bahwa seakan-akan kematian ada didepan matanya. Dengan begitu akan menghalangi dan menghentikan seseorang untuk berbuat maksiat dan mendorong manusia untuk berbuat kebaikan.

Dan ketika kita telah mendapati kematian, maka terputuslah semua amalnya tetapi ada 3 yang menjadi pengecualian yaitu :
1)  Amal jariyah
2)  Ilmu yang bermanfaat
3)  Anak soleh yang mendoakan ibu bapaknya. 

Sebagaimana Hadits Rasulullah SAW dibawah ini :

3 Perkara yang tak terputus amalnya



Tapi kita sebagai manusia juga dilarang untuk meminta kematian agar cepat menghampiri kita, karena itu termasuk salah satu ciri orang yang putus asa dan tidak bersyukur.


لَا يَتَمَنَّيَنَّ أَحَدُكُمْ الْمَوْتَ لِضُرٍّ نَزَلَ بِهِ فَإِنْ كَانَ لَا بُدَّ مُتَمَنِّيًا فَلْيَقُلْ اللَّهُمَّ أَحْيِنِي مَا كَانَتْ الْحَيَاةُ خَيْرًا لِي وَتَوَفَّنِي إِذَا كَانَتْ الْوَفَاةُ خَيْرًا لِي

“Janganlah seseorang di antara kamu mengharapkan kematian karena tertimpa kesengsaraan. Kalaupun terpaksa ia mengharapkannya, maka hendaknya dia berdoa, “Ya Allah, berilah aku kehidupan apabila kehidupan tersebut memang lebih baik bagiku dan matikanlah aku apabila kematian tersebut memang lebih baik untukku.” (HR. Al-Bukhari no. 5671 dan Muslim no. 2680)


Kematian itu adalah sesuatu yang menjadi satu kepastian, yang tak akan bisa di percepat maupun ditunda. Daripada kita berputus asa dan meminta kematian agar cepat datang menghampiri, lebih baik kita berpikir untuk memperbanyak amal baik untuk bekal kita di Akhirat nanti. 
Meskipun meminta kematian datang lebih awal itu tidak diperbolehkan, tetapi jika kita memohon untuk dipanjangkan umur kita itu lebih dianjurkan, tetapi perpanjang umur agar bisa menambah amal baik kita didunia, serta keberkahan untuk umurnya tersebut, dan bukanlah meminta umur panjang dikarenakan untuk melakukan kemaksiatan didunia.
Wallahu 'alam bisshowab.....!
Demikian penjelasan tentang kematian....! Untuk mengenang Orang tua, saudara/i, kita yang sudah mendahului kita marilah sejenak meluangkan waktu untuk membacakan Doa kepada mereka....! 
Ini saya tulis untuk mengenang Almarhumah Kakak Ipar saya yang Meninggal  06 Mei 2013 dan Almarhumah Nenek saya yang meninggal kemarin 21 September 2014. Semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosa Beliau-beliau dan semoga ilmu yang telah mereka berikan kepada saya dapat saya amalkan dengan baik, agar menjadi Amalan yang tidak akan pernah terputus meskipun telah meninggal. 
Selamat Jalan.......................
Wulan n grandmother

Terima kasih sepenuh hati, telah membesarkanku dengan kedua tangan mu, saat ibuku tak bisa bersamaku,...
Terima kasih telah memberi kasih sayang selama ibu tidak bersamaku,...
Terima kasih telah mendidikku, membesarkanku, saat kedua orang tua ku tak ada disampingku....
Terima kasih untuk dongeng yang selalu Engkau ceritakan setiap hari sebelum aku tidur saat aku masih kecil,...
Terima kasih untuk segalanya, karena tak mungkin bisa aku menuliskan semuanya disini,.....
Terima kasih Allah SWT yang telah melahirkanku menjadi anak dari ibuku, dan menjadi cucu beliau...!
 Beliau titipan dari Engkau Ya Allah, dan sekarang beliau telah Engkau ambil, karena memang milikMU.....!



إِنَّا لِلّهِ وَإِنَّـا إِلَيْهِ رَاجِعونَ



No comments:

Post a Comment